Profil David Raya: Awalnya Futsal, Nyaris jadi Pegawai Kantoran, Kini Pahlawan Arsenal di Liga Champions

Kapsul4D – Jika bukan karena David RayaArsenal mungkin tidak akan lolos ke perempat final Liga Champions 2023/2024. Sebab, aksi heroik David Raya pada babak adu penalti punya andil besar pada kelolosan The Gunners.

Arsenal berjumpa Porto pada leg kedua babak 16 Besar Liga Champions, Rabu (13/3/2024) dini hari WIB. Bermain di Stadion Emirates, Arsenal menang dengan skor 1-0 lewat gol Leandro Trossard.

Hasil itu membuat agregat kedua tim imbang 1-1, Arsenal kalah 0-1 pada leg pertama di markas Porto. Laga dilanjutkan ke extra time, bahkan adu penalti. Arsenal akhirnya menang dengan skor 4-2 pada babak adu penalti.

David Raya mampu menepis dua penalti pemain Porto, masing-masing adalah Wendell dan Galeno. Sebelumnya, pada waktu normal dan extra time, Raya juga melakukan tiga penyelamatan penting.

Karier David Raya Dimulai dari Futsal

Salah satu alasan Mikel Arteta memboyong David Raya pada awal musim 2023/2024 ini adalah kemampuannya memainkan bola. David Raya adalah kiper yang nyaman dengan bola di kakinya. Dia punya distribusi bola yang apik.

Kemampuan itu didapat David Raya saat masih kecil, ketika memulai karier sebagai pemain futsal. David Raya adalah pemain outfield di futsal. Namun, sebagai adik, David Raya tidak kuasa menolak ketika sang kakak memintanya jadi kiper.

Pada akhirnya, ketika memulai karier sepak bola bersama Cornella, David Raya bermain untuk posisi kiper.

“Bersama teman-teman saya, saya selalu bermain outfield. Saya menikmati bermain lebih jauh di lini depan dan saya pikir itulah mengapa saya merasa nyaman menguasai bola,” kata David Raya dikutip dari situs resmi Arsenal.

David Raya Nyaris jadi Pegawai Kantoran

Pada 2011, ketika usianya 16 tahun, David Raya hijrah ke Inggris. David Raya mendapat kesempatan untuk trial di Blackburn Rovers. Kesempatan ini merupakan bagian dari klausul transfer Hugo Fernandez, yang terjadi dua tahun sebelumnya.

David Raya menjalani trial selama empat hari dan tampil bagus. Setelah itu, masa trial ditambah menjadi empat pekan. Pada Juli 2012, David Raya akan mendapat kontrak profesional dari Blackburn.

Dikutip dari situs resmi Arsenal, David Raya sudah menyiapkan antisipasi andai gagal lolos seleksi di Blackburn. Dia bakal mengejar karier sebagai pekerja kantoran. David Raya punya rencana untuk berkarier di bidang administrasi dan sumber daya manusia atau HRD.

Perjalanan David Raya dari Divisi 3 ke Arsenal

David Raya hanya menjadi kiper kedua saat Blackburn masih bermain di Championship atau Divisi 2 di Inggris. Degradasinya Blackburn pada musim 2017/2018 menjadi titik balik karier David Raya. Sebab, di Ligue One atau Divisi 3, David Raya jadi kiper utama.

Pada musim 2018/2019, David Raya membawa Blackburn menjadi juara League One dan promosi ke Championship. Selanjutnya, pada Juni 2019, David Raya dibeli Brentford.

Performa David Raya makin moncer bersama Brentford. Di bawah kendali Thomas Frank, Brentford mampu promosi ke Premier League. Nama David Raya makin besar hingga Arsenal merekrutnya pada Juni 2023 lalu.

  Baca Juga : 20 Tahun Setelah Debutnya, Pepe Masih Bermain Di Liga Champions!

Arsenal meminjam David Raya dengan nilai £3 juta hingga akhir musim 2023/2024. The Gunners punya opsi pembelian dengan harga £27 juta pada akhir musim.

Statistik David Raya Musim 2023/2024

Premier League

22 main
1980 menit
19 kebobolan
9 nirbobol
33 penyelamatan

Liga Champions

7 main
630 menit
4 kebobolan
4 nirbobol
13 penyelamatan

Jika bukan karena David RayaArsenal mungkin tidak akan lolos ke perempat final Liga Champions 2023/2024. Sebab, aksi heroik David Raya pada babak adu penalti punya andil besar pada kelolosan The Gunners.

  • Berikut Adalah Promo Dari Kapsul4D :     
  • Bonus New Member 50% ( Turnover  x7 )        
  •  Min: Rp.20,000.- 🡲 Max: Rp.400,000.-  
  •   Bonus Deposit Harian 10% Semua Permainan       
  •  Min: Rp.20,000.- 🡲 Max: Rp.1,000,000.-  
  •   Deposit Pulsa Tanpa Potongan (  TANPA POTONGAN  )  
  •   Bonus Rollingan Slot & Tembak Ikan ( 0.5% 🡲 1% )   
  •  Bonus Cashback  Sportsbook  Sampai ( 15% )   
  •  Bonus Rollingan Live Casino  ( 0,8% )

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *